CALIBRE E-BOOK MANAGEMENT


Calibre merupakan aplikasi manajemen perpustakaan yang bersifat opensource dan freeware untuk mengelola koleksi berbentuk e-book atau buku elektronik. Aplikasi ini dikembangkan oleh kovid goyal dan mulai dipublikasikan pada tanggal 31 Oktober 2006 dengan nama SONY PRS-500 yaitu e-ink (tinta elektrik) pertama berbasis pembaca untuk dijual secara komersial di Amerika Serikat. Pada awalnya PRS-500 ini tidak bisa berjalan di sistem operasi Linux tapi setelah pengembang aplikasi ini melakukan reverse engineering protokol USB, akhirnya dapat berjalan dengan baik. Lalu PRS-500 ini diaplikasikan ke website mobileread.com dan diberi nama libprs500. Baru pada pertengahan 2008, nama libprs500 diganti dengan nama calibre dengan sedikit perubahan pada bagian grafis antarmuka agar lebih mudah digunakan dan juga menambahkan konverter ke format LRF.

Fitur-fitur yang terdapat dalam calibre adalah sebagai berikut:

1. Library Management

  • Calibre dapat mengurutkan buku-buku berdasarkan: Judul, Penulis, Tanggal dimasukkan, Tanggal diterbitkan, Ukuran, Rating, Seri, dan lain-lain.
  • calibre mendukung metode pencarian: tags, komentar dan advanced search.
  • Calibre dapat terhubung ke internet untuk menemukan buku berdasarkan judul, pengarang atau ISBN.
  • Calibre dapat mendownload berbagai jenis metadata dan cover buku secara otomatis.

 2. Mendownload berita dari web dan mengubahnya ke dalam bentuk e-book

Calibre secara otomatis dapat mengambil berita dari website atau RSS feed, mengkonversi berita menjadi e-book dan meng-uploadnya. E-book yang dibuat merupakan versi lengkap dari artikel, bukan hanya ringkasan.

 3. Konversi e-book

Calibre dapat mengkonversi dalam berbagai format. Fitur dalam konversi e-book yaitu dapat mengatur ulang ukuran semua font, memastikan output e-book dapat dibaca, dan dapat mendeteksi / membuat struktur buku.

Input Format: CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, MENYALA, LRF, MOBI, ODT, PDF, RRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT

Output Format: EPUB, FB2, OEB, MENYALA, LRF, MOBI, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT

 4. Memiliki server untuk mengakses koleksi E-book secara online

calibre mempunyai web server yang memungkinkan untuk mengakses koleksi e-book secara on line. Calibre juga dapat mengirim e-book melalui e-mail dan mendownload berita secara otomatis. Calibre juga mendukung perangkat mobile.

 5. Sinkronisasi ke perangkat pembaca e-book

Calibre memiliki driver perangkat desain modular yang menambah dukungan untuk perangkat e-reader yang berbeda. Proses sinkronisasinya yaitu calibre dapat memperbarui metadata koleksi berdasarkan tag yang didefinisikan di perpustakaan. Jika sebuah buku memiliki lebih dari satu format yang tersedia, calibre secara otomatis akan memilih format terbaik ketika meng-upload ke perangkat. Jika tidak ada format yang sesuai, calibre secara otomatis akan mengkonversi e-book ke format yang sesuai untuk perangkat sebelum mengirimnya.

Tampilan Calibre

Daftar pustaka:

http://calibre-ebook.com/

http://en.wikipedia.org/wiki/Calibre_(software)

http://dc399.4shared.com/doc/AcKH2YhK/preview.html

http://blogs.itb.ac.id/ariefbb/2011/12/07/calibre-book-management/

1 Comment

Leave a comment