KEYSTONE DIGITAL LIBRARY


Keystone Library Network

Aplikasi Perpustakaan Digital Keystone adalah bagian dari manajemen konten digital, manajemen portal dan temu kembali informasi yang dikembangkan secara bersamaan untuk menyediakan layanan perpustakaan digital. Semua fungsi aplikasi tersebut dapat diakses melalui Web browser dengan menggunakan 8 browser yang berbeda. Ada satu jenis tampilan pengguna dan halaman admin yang dapat berfungsi untuk melihat dan menggunakan semua layanan administrasi serta pembuatan metadata pada seluruh aplikasi. Dua komponen yang terdapat pada aplikasi tersebut adalah Keystone Organizer dan Keystone Retriever. Keystone Organizer merupakan sebuah layanan manajemen konten digital dan portal layanan manajemen yang berfungsi untuk menyimpan konten digital dan memberikan fasilitas untuk pembuatan metadata dengan tujuan menjelaskan konten tersebut. Hal ini juga berfungsi sebagai pusat ilmu pengetahuan pada lembaga atau instansi dengan menggunakan layanan pencarian, layanan pengambilan dan layanan akses dokumen yang disebut dengan Keystone Retriever.

Aplikasi ini merupakan aplikasi perpustakaan digital yang bersifat opensource dengan lisensi GPLv2 yang dikembangkan oleh Indexdata yang disponsori oleh Perpustakaan Horsens, Denmark dan Universitas Texas Utara, USA. Aplikasi dengan basis web browser ini rilis pada tahun 2007 dengan versi Keystone 1.5.7. Aplikasi pendukung yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi keystone adalah Apache, MySQL, prosesor Sablotron XSLT dan PHP4 binding dan PHP 4.

Karakteristik Aplikasi Perpustakaan Digital Keystone:

  1. Model Koleksi Digital: Satuan dasar pada keystone adalah dokumen. Susunan didalam setiap dokumen ditetapkan oleh pengguna menggunakan skema xml yang sesuai dengan jenis dokumen tertentu. Susunan daftar isi dokumen menggunakan susunan subjek. Sebuah pengenalan yang kuat tidak digunakan untuk mengidentifikasi dokumen yang unik.
  2. Koleksi dan Dukungan Relasi: koleksi di keystone tidak digambarkan sebagai satuan tetapi dibentuk oleh susunan daftar isi dokumen. Dokumen skema xml menentukan kebiasaan umum (elemen yang dapat dilihat, berulang, wajib, multi-bahasa , menggunakan kosakata terbatas) untuk dokumen dari jenis tertentu. Disana terdapat definisi dari hubungan antara dokumen, kecuali menggunakan url pada subjek metadata tertentu .
  3. Metadata dan Penyimpanan Isi Koleksi Digital: setiap objek di keystone berisi metadata dalam bentuk dokumen xml. Metadata tidak dibatasi berdasarkan standar metadata tertentu tetapi ditetapkan sendiri oleh pengguna skema xml yang menunjukkan setiap jenis koleksi digital pada dokumen disimpan dalam susunan daftar isi yang berbentuk dokumen xml.
  4. Pencarian dan Penelusuran: pengindeksan didukung pada jenis dokumen yang ditentukan untuk seluruh paket metadata. kolom pencarian disediakan tetapi mekanisme penelusuran tidak tersedia.
  5. Manajemen Koleksi Digital: sistem manajemen koleksi digital dari keystone menyediakan tampilan web yang digunakan untuk mengedit dokumen. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menentukan bagaimana mengelola isi dokumen tergantung dari susunan berkas.
  6. Tampilan Pengguna: penyajian dokumen diatur menggunakan XSLT stylesheet yang menggambarkan hubungan antar dokumen. Tampilan pengguna web utama didasarkan pada portal seperti area. Dalam area ini pengguna dapat menelusuri menggunakan susunan daftar isi dokumen dan mencarinya di perpustakaan digital.
  7. Kontrol Akses: dalam kontrol akses biasa, pengguna dapat menentukan administrator dan pengguna biasa yang memiliki hak akses pada bagian-bagian tertentu dari susunan dokumen .
  8. Dukungan Multi Bahasa: menggunakan pengkodean karakter unicode, sehingga dukungan bahasa yang berbeda mendapatkan dukungan sistem, sehingga dapat menggunakan beberapa bahasa pada metadata dan koleksi digital. Keystone menyediakan atribut xml pada metadata untuk menentukan bahasa yang digunakan untuk menilai ruas.
  9. Tingkat Modifikasi: Susunan dokumen ini berdasarkan pada jenis dokumen yang sudah disesuaikan, yang dibentuk dengan skema xml. Sebagai tambahan, penyajian dokumen tergantung pada xslts yang terkait dengan dokumen. Pemisahan penyimpanan dokumen dan lapisan penyajian, selama ketikan dokumen menyediakan arsitektur perpustakaan digital yang disesuaikan secara menyeluruh.

Keystone Library Network (KLN) Digital Collections menyediakan akses ke penyimpanan online koleksi digital yang disediakan oleh Perpustakaan KLN. Perpustakaan KLN terdiri dari 14 universitas di Pennsylvania State System of Higher Education (PASSHE) dan perpustakaan yang sudah difasilitasi lainnya yang berada di Commonwealth of Pennsylvania.

  1. Bloomsburg University of Pennsylvania
  2. California University of Pennsylvania
  3. Clarion University of Pennsylvania
  4. Indiana University of Pennsylvania
  5. Kutztown University of Pennsylvania
  6. Lock Haven University of Pennsylvania
  7. Millersville University of Pennsylvania
  8. Shippensburg University of Pennsylvania
  9. Slippery Rock University of Pennsylvania
  10. West Chester University of Pennsylvania

Referensi:

Free Software Directori. 2008. Keystone. https://directory.fsf.org/wiki/Keystone#tab=Overview

Index Data: Remove the barriers to discovery. Old News Items: Keystone 1.5.7 released http://www.indexdata.com/node/102

Keystone Library Network KLN Digital Collections. http://digital.klnpa.org/

Alekh Karadia, Ramani Ranjan Sahu, Parth Oza. 2015. Comparative Study of an Open Source Digital Library Software’s for Creation Of Institutional Repository.

https://www.researchgate.net/publication/280088358_Comparative_study_of_an_open_source_digital_library_software’s_for_creation_of_institutional_repository

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s