DEFINISI KLASIFIKASI PERPUSTAKAAN


klasifikasi perpustakaan

Secara Etimologi, Klasifikasi berasal dari bahasa inggris dari kata “classification” dan kata ini berasal dari kata “to classy” yang berarti menggolongkan dan menempatkan benda-benda di suatu tempat. Menurut Wikipedia, Klasifikasi merupakan kata serapan dari Bahasa Belanda, classificatie, yang sendirinya berasal dari bahasa Prancis classification. Istilah ini menunjuk kepada sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa aturan atau kaidah yang telah ditetapkan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, klasifikasi /kla·si·fi·ka·si/ n adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan. Selain itu, Ernest Cushing Richardson juga menjelaskan Klasifikasi adalah kegiatan mengelompokkan dan menempatkan barang-barang. Sedangkan dalam Harrolds Librarians Glossary menyebutkan bahwa klasifikasi adalah pengelompokkan benda secara logis menurut ciri-ciri kesamaannya

Ada beberapa definisi atau pengertian klasifikasi perpustakaan menurut para ahli dan dari berbagai sumber:

  1. Menurut Sulistyo Basuki (1991) klasifikasi berasal dari kata Latin “classis” atau proses pengelompokan, artinya mengumpulkan benda/entitas yang sama serta memisahkan benda/entitas yang tidak sama. Sulistyo-Basuki (1999:298) mendefinisikan klasifikasi yang diterapkan di pusat informasi dan perpustakaan adalah penyusunan sistematik terhadap buku atau bahan pustaka lain atau katalog atau entri indeks berdasarkan subjek, dalam cara yang paling berguna bagi mereka yang membaca atau mencari informasi.
  2. Menurut Towa P. Hamakonda dan J.N.B. Tairas (1995) klasifikasi adalah pengelompokan yang sistematis dari obyek, gagasan, buku atau benda-benda lain ke dalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama.
  3. Ibrahim Bafadal (2009:51), Klasifikasi adalah suatu proses memilih dan mengelompokkan buku-buku perpustakaan sekolah atau bahan pustaka lainnya atas dasar tertentu serta diletakkannya secara bersama-sama di suatu tempat.
  4. Dalam Wikipedia, a library classification is a system by which library materials are arranged according to subject (Sebuah klasifikasi perpustakaan adalah sistem dimana bahan pustaka disusun menurut subjek)
  5. newworldencyclopedia.org menjelaskan bahwa a library classification is a system of coding and organizing library materials (books, serials, audiovisual materials, computer files, maps, manuscripts, realia) according to their subject and allocating a call number to that information resource. (Sebuah klasifikasi perpustakaan adalah sistem pengkodean dan pengorganisasian bahan pustaka (buku, serial, bahan audiovisual, file komputer, peta, manuskrip, realia) menurut subjek dan mengalokasikan sejumlah panggilan untuk sumber daya informasi tersebut)
  6. Dalam Ensiklopedia Britanika, Library classification, system of arrangement adopted by a library to enable patrons to find its materials quickly and easily. (klasifikasi perpustakaan adalah sistem pengaturan yang diadopsi oleh perpustakaan untuk memungkinkan pengguna menemukan bahan pustaka dengan cepat dan mudah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s