APA ITU SITIRAN ATAU CITATION?


sitasi Konsep Sophia (2002) menyatakan bahwa arti sitasi atau citation adalah:

  1. Action of any word or written passage, quotation
  2. A reference to a passage in a book
  3. To cie (a book, atu etc) for a particular statemen or passage.
  4. To copy or repeat ( a passage, statement, etc) from book, document, speech, etc with some indication that one is giving a word of another.

Ada pendapat dari beberapa sumber mengenai pengertian sitasi/ sitiran, diantaranya : Menurut Harrod’s Library Glossary and Reference Book (1990) “ citation adalah suatu rujukan pada suatu teks atau bagian dari suatu teks yang menunjuk pada suatu dokumen dimana teks itu dimuat. ALA glossary of library and information science dalam hasugian (2005), Sitiran adalah suatu catatan yang merujuk pada suatu karya yang dikutip atau pada beberapa  sumber yang memiliki otoritas. Kamus besar bahasa indonesia (2005) menyatakan bahwa, Sitiran adalah menyebut atau menulis kembali kata-kata yang telah disebut (ditulis) orang lain. Referensi berarti rujukan atau petunjuk, sedangkan citation (sitiran) berarti kutipan.

Sitiran menurut Thomson dalam Herlina (1995) adalah suatu catatan yang menunjuk pada suatu karya atau sebagian karyanya yang dikutip, dan suatu penyitiran dari atau acuan untuk suatu keputusan dan keahlian lainnya. Informasi yang  disitir merupakan hasil kegiatan peneliti terdahulu dan digunakan untuk mempertanggung jawabkan dan mengkomunikasikan hasil kegiatan penelitian. Sedangkan menuut Purnomowati (2005) menyatakan bahwa “sitasi, sitiran, atau citation adalah informasi ringkas tentang dokumen yang disitir dan disisipkan dalam teks, sementara informasi selengkapnya dimuat pada daftar referensi”. Referensi yang dimaksud dalam pendapat tersebut adalah deskriptif bibliografi dari dokumen yang disitir, umumnya disusun berupa daftar yang disajikan pada akhir bab, artikel atau buku.

Menurut sulistyo-basuki dalam wibowo (2008), dalam kaitannya dengan sitiran dikenal 2 istilah yaitu referencing (perujukan) yaitu Mengarahkan pada perujukan karya yang telah ada sebelumnya dan mengutip  pengarang sebelumnya. dan citation (sitasi/sitiran) yaitu Mengarah pada karya yang diacu yang dilakukan pengarang sesudah karya yang diacu dterbitkan. Kegiatan ini merupakan bagian dari komunikasi ilmiah dan merupakan ciri pertumbuhan pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s