STRATEGI PROMOSI ONLINE


6-tips-promosi-online-budget-rendah

Promosi di Internet saat ini menjadi strategi yang mulai diminati oleh berbagai kalangan baik pengusaha, pedagang, manajer marketing dan lain sebagainya. Tren promosi lewat internet ini tidak hanya menyebar dikalangan perusahaan tapi juga industri-industri menengah bahkan home industri. Migrasi ini yaitu perpindahan strategi promosi dengan cara konvensional ke modern ini mengindikasikan bahwa strategi promosi modern ini menjanjikan prospek yang lebih baik. Prospek ini dapat dilihat dari banyak faktor, salah satunya adalah pertumbuhan teknologi informasi dan banyak pengakses internet yang melakukan kegiatan browsing dan searching sekedar untuk mencari informasi atau sampai untuk memenuhi kebutuhannya yaitu seperti membeli produk secara online.

Strategi promosi online atau bisa dikatakan juga lewat internet memiliki beberapa tahap yang perlu dilakukan agar promosi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tahap-tahap ini biasa disebut dengan 6M, yaitu sebagai berikut:

Menetapkan tujuan

Sebuah promosi memang sudah sewajarnya memiliki tujuan karena tanpa tujuan memiliki tujuan sebuah promosi akan kehilangan daya tariknya dimata masyarakat. Tujuan ini diperlukan untuk menarik perhatian konsumen agar berminat untuk membeli produk yang kita tawarkan. Biasanya caranya adalah dengan cara persuasif atau menagakak masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan. Selain itu, kita juga perlu membuat pengelempokan-pengelompokan target produk yang akan kita tawarkan seperti produk untuk kelas atas, menengah atau kelas bawah agar promosi yang kita lakukan bisa tepat sasaran.

Membuat kebijakan dalam anggaran

Promosi yang baik haruslah memperhatikan seberapa besar anggaran agar promosi bisa lebih efisien karena bila kita tidak memperhatikan hal ini maka kita hanya akan membuang-buang dana yang ada. Selain itu pengaturan dalam penganggaran juga diperlukan yaitu untuk skala prioritas mana promosi yang sangat penting, penting dan kurang penting agar promosi bisa tepat guna.

Membuat konten promosi

Tahap selanjutnya adalah memikirkan apakah yang akan kita isi dalam promosi. Bagaimana kata-kata promosinya? Bagaimana background yang menarik? Gambar-gambar apa yang bisa memberikan kesan? Apakah akan menggunakan video atau animasi? Setelah kita menentukan konten promosi, kita perlu menggunakan sebuah pendekatan:

  1. Pendekatan fakta, Pendekatan ini menggunakan kata-kata yang berupa fakta yang akan mendorong seseorang untuk membeli produk kita karena disini kita menjanjikan manfaat apa yang akan didapatkan bila mereka membeli produk kita.
  2. Pendeketan persuasif, Pendekatan ini menggunakan warna atau gambar/animasi background yang menarik secara visual ditujukan untuk menarik perhatian setiap orang yang sekilas melihat promosi kita.

 Memilih media

Dalam promosi kita bisa menggunakan media tertentu yang dirasa sesuai dengan pertimbangan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Kita dapat memilih media sebagai berikut:

  1. Menggunakan iklan baris
  2. Menggunakan media banner
  3. Menggunakan pop-up
  4. Menggunakn web atau blog
  5. Melakukan Evaluasi

Setelah kita melakukan promosi, sebaiknya kita melakukan evaluasi apakah promosi yang sudah kita lakukan sudah dapat menarik minat orang untuk membeli produk kita atau belum? Salah satu indikator yang bisa digunakan adalah berapa nesar tingkat penjualan produk kita selama sebulan. Selain itu, setiap promosi perlu di update karena promosi yang lama bisa jadi tidak lagi relevan atau sesuai dengan kondisi market saat ini.

Menetapkan tujuan kesuksesan

Setelah semua tahap kita lakukan, lalu tahap selanjutnya yang tidak kalah penting adalah motivasi. Tujuan kesuksesan ini untuk mengingatkan kita, untuk apa kita melakukan ini? kemana tujuan dari produk yang ingin kita capai?. Selain itu, motivasi juga diperlukan untuk menguatkan mental kita agar kita selalu berusaha dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap kesulitan dan tantangan yang mengampiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s