GDLS (GREENSTONE DIGITAL LIBRARY SOFTWARE)


greenstone perpustakaan digital

GDLS (Greenstone Digital Library System) adalah aplikasi perpustakaan digital berbasis opensource dibawah lisensi GPL (General Public License) yang dikembangkan pada tahun 2004 oleh Ian H. Witten melalui Proyek Pengembangan Perpustakaan Digital New Zealand (New Zealand Digital Library Project) di University of Waikato New Zealand. Greenstone memiliki kemampuan untuk membangun dan mengatur serta menyediakan layanan penelusuran untuk koleksi digital. Aplikasi ini dapat diinstal dan dijalankan pada komputer sistem standalone, sistem jaringan intranet maupun internet. Selain itu Greenstone juga dapat digunakan untuk mengelola data koleksi buku pribadi sebagai suatu sistem otomasi perpustakaan sederhana.

Greenstone membutuhkan sistem operasi yang tepat, spesifikasi komputer yang sesuai dan aplikasi pendukung agar dapat berjalan dengan baik. Aplikasi ini bisa dioperasikan pada Sistem operasi Linux dan Windows. Sistem operasi pada windows adalah windows 2000, XP, server 2003, vista atau server 2008, pada linux yaitu Ubuntu 8.04  & 8.10, Mandriva 2008 Spring, OpenSUSE 11, Fedora 6 & 9 atau CentOS 5.2 dan untuk Macintosh yaitu Mac OS 10.5.2 (Leopard). Selanjutnya, spesifikasi komputer yang sesuai adalah komputer minimal Pentium 3 dengan Memory 256 Mb. Sedangkan Aplikasi pendukungnya adalah Java Runtime Environment dan Apache Web Server.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi perpustakaan digital Greenstone adalah sebagai berikut:

  1. Akses dapat dilakukan dengan berbagai macam browser.
  2. layanan penelusuran fulltext yang dilengkapi dengan fasilitas penelusuran.
  3. Struktur akses dapat dibuat secara otomatis
  4. Koleksi dapat dikelola dalam berbagai format dan bahasa.
  5. Penggunaan sistem kompresi untuk menghemat ruang penyimpanan.
  6. Fungsi-fungsi untuk administrator sistem.
  7. Koleksi yang dikelola dapat terdistribusi di beberapa komputer (server).
  8. Plugins untuk program tambahan.
  9. Tampilan halaman web dapat diubah sesuai kebutuhan.
  10. Bekerja dalam lingkungan Windows atau Linux.

Greenstone memiliki situs resmi dengan alamat web www.greenstone.org yang menyediakan berbagai fasilitas dan informasi yang terkait dengan aplikasi ini, mulai dari profil, fitur, download, sampel hingga informasi pengembang. Dalam situs ini tersedia fasilitas terjemahan bahasa untuk bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Rusia dan Arab. Fasilitas download pada situs ini juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Windows, MacOs, dan GNU/Linux. Pada menu examples, bisa dilihat berbagai tampilan perpustakaan digital dari penggunaan aplikasi Greenstone dan untuk informasi lebih lengkap tentang sejarahnya, source code-nya, cara instalasi, operasional dan teknis-nya,  bisa dilihat pada wiki greenstone. Selain dari situs tersebut, ada juga situs yang menyediakan informasi terkait dengan greenstone yaitu http://nzdl.org/. Greenstone juga memiliki komunitas di forum diskusi dan kelompok diskusi untuk sarana  berbagi informasi dan pengetahuan tentang aplikasi greenstone.

Referensi:

Greenstone Software. About the Greenstone Software. www.nzdl.org.

Rita Komalasari. Membangun Perpustakaan Digital Dengan Greenstone Digital Library. http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/2764/Komalasari,%20rita_MEMBANGUN%20PERPUSTAKAAN%20DIGITAL.pdf

B. Mustafa. Mengelola Database Koleksi Buku Dengan GreenStone Untuk Orang Awam. http://www.pnri.go.id/MajalahOnlineAdd.aspx?id=83

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s