PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA


Kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan biasanya mencakup kegiatan inventarisasi, katalogisasi deskripsi, dan katalogisasi subjek yang terdiri atas klasifikasi dan pengindeksan subjek (Qalyubi dkk, 2007:125). Adapun langkah-langkah dalam pengolahan bahan pustaka ialah sebagai berikut:

1.      Pemberian Stempel

stempel perpustakaan
stempel perpustakaan

Setiap bahan pustaka yang dimiliki oleh suatu perpustakaan hendaknya diberi stempel/cap perpustakaan sebagai bukti kepemilikan. Pemberian stempel perpustakaan diletakkan pada salah satu halaman di bagian depan, di bagian tengah, dan di bagian belakang bahan pustaka tergantung dari kebijakan pustakawan masing-masing. Halaman yang diberi stempel hendaknya tetap atau konsisten. Pemberian stempel jangan sampai menggangu tulisan dan diusahakan pada halaman-halaman yang mudah terlihat (Qalyubi dkk, 2007:126).

2.      Inventarisasi

inventaris
inventaris

Bahan-bahan pustaka yang telah dimiliki oleh perpustakaan, baik yang diperoleh dengan cara pembelian, hadiah, wakaf, tukar menukar, pinjam-meminjam, maupun dengan cara lain, harus dicatat dalam buku induk. Pencatatan bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan ke dalam buku induk ini dinamakan dengan inventarisasi bahan pustaka (Qalyubi dkk, 2007:126).

Inventarisasi adalah suatu proses pencatatan data tentang koleksi dalam buku inventaris / buku induk, dalam urutan nomor serta pencatatan nomor tersebut pada koleksi yang bersangkutan. Penginventarisasian koleksi ini dilakukan pada waktu bahan pustaka datang, baik yang berasal dari pembelian, hadiah atau tukar menukar (KPAD, 2008:1).

3.      Klasifikasi

klasifikasi
klasifikasi

Klasifikasi di perpustakaan juga dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat pemakai dalam memilih dan mendapatkan buku atau bahan pustaka yang diperlukan secara cepat dan tepat. Untuk setiap buku yang dimiliki perpustakaan harus melalui proses klasifikasi sebelum dilayankan kepada masyarakat. Untuk melakukan proses klasifikasi di perpustakaan sudah ada cara-cara tertentu yang merupakan hasil kesepakatan secara nasional maupun internasional (Suwarno, 2007:65).

Klasifikasi adalah pengelompokkan yang sistematis dari pada sejumlah obyek, gagasan, buku atau benda-benda lain ke dalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama (Towa, 2009:1). Sistem klasifikasi ini bermacam-macam antara lain; Dewey Decimal Classification (DDC), Universal Decimal Classification (UDC), serta Library of Congress Classification (LCC) dan perluasannya (Lasa HS, 2002: 27).

4.      Deskripsi Bibliografi

bibliografi
bibliografi

Pembuatan deskripsi bibliografi lazimnya berpedoman pada Anglo American Cataloging Rules (AACR) dan International Standard Bibliographic Description (ISBD). Deskripsi bibliografi disusun ke dalam delapan daerah (area), yang tiap-tiap daerah terdiri atas beberapa unsur. Setiap daerah kecuali daerah pertama, diawali dengan tanda baca, dipisahkan juga dengan tanda baca yang beragam dan diahiri dengan tanda baca tertentu.

5.      Katalogisasi

katalog
katalog

Katalog perpustakaan adalah daftar koleksi milik perpustakaan tertentu yang disusun dengan sistem tertentu, misalnya klasifikasi, abjad judul, abjad pengarang, maupun abjad subjek (Lasa HS, 2001:75). Sedangkan Saleh (2009:55) menjelaskan bahwa katalog adalah daftar informasi pustaka atau dokumen yang ada di perpustakaan atau toko buku maupun penerbit tertentu. Katalog juga berarti alat petunjuk yang berfungsi antara lain mencatat segala buku yang dimiliki perpustakaan dengan kata lain, katalog adalah daftar buku-buku yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan yang disusun menurut sistem tertentu (Kaelani, 1991:54).

Katalogisasi adalah proses pembuatan kartu katalog yang berisi informasi-informasi penting dari koleksi. Sedangkan katalog itu sendiri adalah kartu yang berisi informasi-informasi penting dari sebuah koleksi yang bertujuan untuk membantu pengguna yang hanya mengetahui sedikit informasi dalam proses temu kembali koleksi buku (KPAD, 2008:16).

Dengan adanya katalog, para pemustaka diharapkan dapat mengetahui gambaran singkat tentang bahan pustaka yang diproses, baik mengenai aspek bibliografis, isi yang terkandung di dalamnya, lokasi atau tempat penyimpanannya di perpsutakaan, maupun keterangan lain yang dianggap penting (Qalyubi dkk, 2007:130).

6.      Pemberian Kelengkapan Buk

kelengkapan buku
kelengkapan buku

Proses terakhir dalam pengolahan buku sebelum buku tersebut sampai ke tangan pemustaka ialah memberikan kelengkapan fisik pada buku yaitu membuat label (pelabelan), lembar tanggal kembali, kartu buku, dan kantung kartu buku.

Beberapa hal tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan oleh bagian pengolahan bahan pustaka. Kegiatan itu masih diteruskan dengan penyusunan kartu katalog pada laci katalog (filling) dan penyususnan bahan pustaka yang telah diproses ke rak (shelving). Dengan demikian, bahan pustaka tersebut dapat digunakan oleh pemustaka (Qalyubi dkk, 2007:151).

Referensi:

Kaelani Er, Muh. 1999. Daftar Tajuk Islam dan Sistem Klasifikasi Islam. Jakarta: Puslitbang Lektur Agama Badan Litbang Agama Departemen Agama.

Lasa HS. 2001. Naskah Leksikon Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: [s.n].

Lasa HS. 2002. Membina Perpustakaan Madrasah dan Sekolah Islam. Yogyakarta: Adi Cita.

Suwarno,Wiji. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Qalyubi, Syihabuddin dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Saleh, Abdul Rahman. 2009. Pengantar Kepustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Towa P. Hamakonda. 2001. Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s