DEFINISI HOSTING


Hosting

Dalam situs Wikipedia, definisi hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Dengan kata lain Hosting merupakan tempat yang disewakan dimana kita dapat menyimpan data data pada website yang telah kita buat, mulai dari membuat website, menambah hiasan hiasan berupa desain dan aksesoris tambahan samapai, memasukan teks, musik, gambar, video dan lain lain untuk konten websitenya dan agar dapat diakses melalui internet.

Bila dianalogikan hosting itu seperti sebuah lahan atau tanah dan website adalah rumahnya. Saat kita ingin membuat rumah tentunya kita butuh tanah agar rumah tersebut dapat dibangun. Dalam hal ini berarti kita perlu menyewa tanah dari pemilik tanah untuk dapat membangun rumah tersebut. Harga tanah tentunya ditentukan seberapa luas kita menyewa dan seberapa lama kita akan meyewanya, semakin luas dan semakin lama, maka harga tanah yang disewa tentunya akan semakin mahal. Hal ini sama seperti hosting semakin besar kapasitas hosting yang disewa dan semakin lama waktu menyewa tentunya harganya akan semakin mahal.

Kapasitas hosting berbentuk seperti memori hardsisk yaitu byte.  Biasanya kapasitas yang disewakan berkisar anatara 100 Mb hingga 1Gb dan waktu penyewaan rata-rata antara 1 bulan hingga 2 tahun. Bila masa penyewaan habis, kita perlu perpanjang agar website kita tetap berjalan karena sifat dari hosting adalah menyewa. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu:

  1. Shared Hosting, Hosting ini digunakan untuk server bersama-sama atau  satu server digunakan untuk lebih dari satu domain.
  2. Reseller hosting adalah hosting ini digunakan bila kita ingin mengatur lebih dari satu website.
  3. VPs, VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server atau lebih dikenal dengan sebutan Virtual Dedicated Server yaitu dimana server menggunakan lingkungan software sistem operasi untuk proses virtualisasi. Dengan bentuk seperti ini memungkinkan untuk menginstal sistem operasi diatas sistem operasi lain.
  4. Dedicated Server, Server ini biasanya digunakan untuk keperluan aplikasi yang lebih besar yang tidak bisa ditampung oleh Shared Hosting dan VPs. Dalam jenis ini, penyedia hosting bertanggung jawab dalam penyediaan server karena kerja sama antara penyedia hosting dan vendor.

Jenis Hosting yang kita pilih tergantung berapa banyak website yang kita buat. Bila kita memiliki 1 website lebih baik memakai shared hosting. Bila lebih dari 5 lebih baik memakai Reseller hosting. Kalau website diatas 50 menggunakan VPS. Sedangkan kalau lebih dari 100 disarankan menggunakan Dedicated Server.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s