LAYANAN PERPUSTAKAAN


pelayanan perpustakaanA. Fungsi layanan perpustakaan

Layanan teknis adalah pekerjaan perpustakaan dalam mempersiapakan buku yang nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca. Lima jenis perpustakaan itu dapat di uraikan sebagai berikut:

1. perpustakaan sekolah

Memberikan layanan kepada pembaca meliputi murid, guru, kepala sekolah dan staf administrasi lainnya. Layanan ini berfungsi untuk memperkaya pengalaman guru dan mempermudah prose belajar mengajar.

2. perpustakaan umum

Perpustakaan umum harus dapat melayani anak-anak, remaja, dan orang tua dari berbagai tingkat pendidikan. Karena itu, koleksi harus lengkap dan bersifat rekreasi sampai bahan penelitian.

3. perpustakaan khusus

Pelayanan perpustakaan khusus ditujukan untuk mereka yang bekerja pada departemen dan perusahaan

4. perpustakaan perguruan tinggi

Memberikan pelayanan kepada civitas akademika seperti mahasiswa, dosen, peneliti, guru besar, pimpinan, serta seluruh staf administrasi dan akademika.

5. perpustakaan nasional

Fungsi utamannya menyimpan semua bahan publikasi yang pernah diterbitkan suatu Negara.

B. Tujuan dan fungsi pelayanan perpustakaan

Menurut nasution (1990: 139),”perpustakaan adalah pelayanan. Pelayanan berarti kesibukan. Bahan pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya . . .”

Fungsi layanan perpustakaan yaitu Memberikan informasi untuk penelitian, rekreasi, dan mengembangkan pendidikan. Tujuan perpustakaan, agar bahan pustaka yang sudah di olah dapat sampai ke tangan pembaca.  Jadi fungsi layanan perpustakaan adalah mempertemukan pembaca dengan bahan pustaka yang mereka minati.

C. Layanan ruang baca

Dengan adanya layanan ini, interaksi antara pustakawan dan pembaca dapat berlangsung dengan baik. Layanan ruang baca diperlukan untuk mereka yang belum jadi anggota atau mereka yang mengantar teman. Selain itu layanan perpustakaan menyangkut bahan-bahan rujukan yang pada umumnya tidak bisa dipinjam keluar perpustakaan.

  1. Layanan ruang baca buku rujukan. Ruangan ini khusus untuk layanan rujukan di perpustakaan. Alat dan mebel disesuaikan dengan keperluan fisik bahan pustaka. Selain itu perlu disediakan sarana untuk menyimpan peta dan buku rujukan yang berukuran over size berupa meja khusus dengan kursi.
  2. Layanan ruang baca study carrel. Sebuah meja ditutup bagian depan, belakang, samping  kanan dan kiri dengan papan, supaya membantu pembaca untuk mendapatkan konsentrasi. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak terganggu orang lain.
  3. Layanan ruang baca berupa meja baca kelompok. Layanan ini berfungsi untuk menampung pembaca dalam satu tempat. keunggulan: hemat ruang dan pembaca bisa saling berhubungan.
  4. Fasilitas untuk ruang baca yang baik. Perpustakaan sebaiknya memberika fasilitas seperti AC, penerangan yang memadai, dan memakai sinar dari listrik yang dapat diatur tingkat keperluannya untuk kenyamanan pembaca.
  5. Perluasan dari ruang baca berupa ruang untuk diskusi. Ruang ini berfnngsi agar pembaca yang memiliki minat yang sama dapat berdiskusi bersama.
  6. Ruang baca yang berupa ruang kerja bagi pembaca perpustakaan. Ruang yang didesign untuk pembaca tertentu misal remaja atau anak-anak untuk membuat prakarya.
  7. Ruang santai, Ruang ini bermanfaat untuk istirahat khususnya pembaca yang merasa lelah membaca dan butuh penyegaran.

D. Berbagai cara untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan

Upaya yang dapat dikerjakan, misalnya:

  1. Sikap ramah dan penampilan yang baik. Pustakawan hendaknya memberikan bantuan kepada pembaca dengan sungguh-sungguh danpenuh keikhlasan. Usahakan segalannya penuh suasana kekeluargaan dan persaudaraan.
  2. Menyediakan brosur. Dengan brosur ini, pustakawan dapat menyampaikan berbagai kegiatan yang sedang dan akan dikerjakan. Hendaknya perpustakawan memilki bagian yang mencetak dan mengedarkan brosur, sehingga kegiatan perpustakaan dapat diketahui masyarakat pembacanya.
  3. Mengadakan berbagai perlombaan. Pengadaan perlombaan dimaksudkan untuk mengundang para peminat supaya datang ke perpustakaan. Berbagai perlombaan tadi akan mendorong mereka untuk mencari informasi di perpustakaan.
  4. Mengadakan study tour. Mereka diajak mengelilingi perpustakaan agar mempelajari apa saja yang ada di perpustakaan. Berikan informasi apa saja yang dikerjakan di perpustakaan untuk membantu mereka dalam tugas atau pekerjaan sehari-hari.
  5. Mengundang tokoh masyarakat. Dengan pengalaman mereka atau dengan nama besar mereka, dengan prestasi yang telah mereka buktikan, pembaca perpustakaan akan senang mendengarkan cerita dibalik sukses mereka.
  6. Membuat jadwal kegiatan yang teratur. Kalau pustakawan rajin, mereka dapat menggali potensi yang ada di perpustakaan. Banyak bahan perpustakaan lainnya yang dapat diangkat menjadi bahan diskusi.
  7. Dan berbagai kegiatan lainnya. Misal layanan komputer atau kemudahan menjadi anggota perpustakaan.

2 thoughts on “LAYANAN PERPUSTAKAAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s