DEFINISI PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGITAL LIBRARY)


perpustakaan digital

Perpustakaan merupakan gabungan dari 2 kata benda yaitu perpustakaan dan digital. Saat mendengar kata perpustakaan, kebanyajan orang akan membayangkan tentang sesuatu yang kuno atau tradisional. Hal ini bertolak belakang bila kita mendengar kata digital yang memberi kesan tentang kekinian, modern, peradaban maju dan masa depan. Lalu apa yang terjadi bila kedua kata ini digabungkan? apakah akan menjadi perpustakaan yang terlihat modern atau justru sebaliknya digital terkesan out of date atau kadaluarsa? mari kita simak pembahasan singkat berikut untuk sedikit memahami tentang konsep perpustakaan digital.

Sebelum kita beranjak ke istilah perpustakaan digital, terlebih dahulu kita uraikan definisi perpustakaan dan digital. Menurut UU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual ( Sulistyo, Basuki ; 1991 ).

Selanjutnya untuk definisi digital, istilah digital bisa diartikan sebagai Sinyal yang seperti pulsa, artinya antara bagian-bagian sinyal terlihat terputus-putus. Bagian yang di atas digambarkan sebagai 1 dan bagian yang di bawah digambarkan sebagai 0. Digital bila dikaitkan dengan suatu konteks tertentu adalah sesuatu yang berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu atau bisa juga berhubungan dengan penomoran.

Dari definisi diatas, kita bisa melihat sedikit gambaran tentang apa itu perpustakaan dan apa itu digital !? selanjutnya untuk dapat memahami perpustakaan digital, mari kita lihat pendapat para ahli di bidang perpustakaan. ada beberapa pendapat yang telah dikemukaan yaitu sebagai berikut:

  1. Perpustakaan Digital adalah penerapan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan, dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. Atau secara sederhana dapat dianalogikan sebagai tempat menyimpan koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital. (Gatot Subroto,  2009)
  2. Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan objek informasi yang mendukung akses objek informasi tersebut melalui perangkat digital. (Sismanto, 2008)
  3. Perpustakaan Digital adalah koleksi data multimedia dalam skala besar yang terorganisasi dengan perangkat manajemen informasi dan metode yang mampu menampilakan data sebagai informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat dalam berbagai konteks organisasi dan sosial masyarakat. (Griffin, 1999)
  4. digital library is a managed collection of information, with associated services, where the information is stored in digital formats and accessible over a network (perpustakaan digital adalah kumpulan informasi yang dikelola, dengan layanan asosiasi dimana informasi disimpan dalam format digital dan dapat diakses melalui jaringan). (william arm)
  5. digital libraries are collections containing fixed , permanent documents which are based on digital technologies and are used by individuals working alone (perpustakaan digital adalah koleksi yang mengandung dokumen permanen yang didasarkan pada teknologi digital dan digunakan oleh individu yang bekerja sendiri.) Levy and Marshall (1995)
  6. Perpustakaan digital adalah koleksi perpustakaannya sudah dominan dalam bentuk digital. Koleksi digital ada dua kemungkinan, a). Koleksi tersebut tersedia di perpustakaan dalam bentuk bentuk digital  yang terpasang dalam perangkat keras perpustakaan dan b). Koleksi tersebut tidak tersedia di perpustakaan, tetapi dapat diakses melalui perpustakaan (zulfikar zen).

Nah dari pendapat para ahli diatas, dapat kita tarik beberapa kesimpulan. kesimpulan yang pertama perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki, mengelola dan meyebarluaskan sebagian koleksinya (baik sebagian besar maupun kecil) dalam bentuk digital. kesimpulan kedua, perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki, mengelola dan meyebarluaskan seluruh koleksinya dalam bentuk digital. Kesimpulan ketiga adalah perpustakaan yang menggunakan teknologi informasi atau perangkat digital untuk mengakses koleksi perpustakaan. Jadi, sampai saat ini belum ada kesepakatan bersama terkait dengan definisi perpustakaan digital menurut para peneliti.

2 thoughts on “DEFINISI PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGITAL LIBRARY)

  1. […] Nah dari pendapat para ahli diatas, dapat kita tarik beberapa kesimpulan. kesimpulan yang pertama perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki, mengelola dan meyebarluaskan sebagian koleksinya (baik sebagian besar maupun kecil) dalam bentuk digital. kesimpulan kedua, perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki, mengelola dan meyebarluaskan seluruh koleksinya dalam bentuk digital. Kesimpulan ketiga adalah perpustakaan yang menggunakan teknologi informasi atau perangkat digital untuk mengakses koleksi perpustakaan. Jadi, sampai saat ini belum ada kesepakatan bersama terkait dengan definisi perpustakaan digital menurut para peneliti. sumber : Blog Sebelah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s