GDL (GANESHA DIGITAL LIBRARY)


GDL merupakan akronim dari ganesha digital library adalah salah satu software perpustakaan digital yang opensource dengan lisensi  GPL. Lisensi GPL maksudnya kode yang ada pada software ini dapat di oprek atau boleh dirubah. Software ini dikembangkan pada tahun 2002/2003 oleh knowledge management research group (KMRG) dari ITB (institut teknologi Bandung) yang mendapat dukungan dana dari INHERENT DIKTI. Software ini dibuat bertujuan untuk menghandle “local content” suatu lembaga. Contohnya adalah hasil penelitian, jurnal, thesis, disertasi, abstark ilmiah, expretise directory, artikel-artikel, ceramah dan sebagainya.

Sebuah software harus memenuhi standar tertentu agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna.  standar tersebut yaitu dengan pemenuhan user requirement. Oleh karena software ini telah menempuh tahap-tahap tertentu yaitu mulai dari user requirement. Setelah itu, selanjutnya dilakukan analisis dan design agar software ini efektif dan efisien saat digunakan dan tahap akhirnya implementasi dan pengujian. Tahap tahap diatas disusun dengan baik menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language)

Pada tahun 2006 software GDL dikembangkan lebih lanjut atau up grade dari GDL 4.0 ke GDL 4.2. Pada GDL 4.2 sudah menggunakan konsep berorientasi  pada objek meskipun hanya sebagian.  Selain itu, pembagian modul juga sudah dilakukan dengan jelas sehingga hanya dengan melihat struktur modulnya, software ini dapat dipahami dengan cukup mudah. Ditambah lagi, dilakukan pembagian kelas yang mana hal ini bertujuan agar modul yang berbeda dapat digunakan kembali pada masing-masing kelas dengan mudah dan tidak akan mempengaruhi keseluruhan program meski terjadi perubahan pada satu kelas.

Fasilitas-fasilitas yang ada pada software GDL adalah sebagai berikut:

1. Manajemen User

Manajemen User terdiri dari klasifikasi user, registrasi dan aktivasi, login GDL, dan Edit dan Delete user .

2. GDL Fundamental

GDL Fundamental terdiri dari browsing, pencarian atau searching, download file, up load metadata, Mengedit dan menghapus data, folder/kategori, bookmark dan request, komentar pada metadata, bahasa, dan organisasi.

3. Data Manajemen

Data Manajemen terdiri dari up load database index, publisher, sinkronisasi, migrasi dari GDL 4.0 ke GDL 4.2, configuration dan folksonomi.

Download GDL:

GDL for windows

GDL for Linux

One thought on “GDL (GANESHA DIGITAL LIBRARY)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s