MANFAAT BLOG


1. Media Aktualisasi Diri

Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized yaitu untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan dan untuk menunjukan siapa dirinya. Setiap manusia ingin apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya itu diketahui oleh orang lain.  mampu memfasilitasi itu semua, dalam skala global . Dengan blog seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio atau slide presentasi) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.

2. Personal Branding

Personal Branding atau self positioning adalah memposisikan diri berdasarkan apa yang dapat kita lakukan, membuat orang teringat akan kita ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu. Hal itu merupakan sesuatu hal yang sangat penting di era informasi saat ini. Dengan blog kita bisa memberitahu semua orang di dunia apa keahlian kita dan megapa mereka harus menghubungi kita ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.

3. Markas Besar Di Dunia Maya

Markas besar  adalah suatu tempat dimana kita bisa berkumpul bersama dengan anggota yang lain. Dengan blog, kita bisa menghubungkan  CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network: Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dan lain-lain. Jadi, semua anggota bisa saling terhubung dan melihat, membaca, bertemu serta sharing tanpa dibatasi ruang dan waktu.

4. Media Promosi

Blog menyediakan ruang yang cukup luas dan berbagai fasilitas seperti gambar bergerak atau tulisan baris. Dengan fasilitas tersebut, kita bisa membuat promosi on line. Selain itu dengan strategi yang tepat seperti SEO, SMM dan Other Techniques kita bisa membuat para pengguna internet untuk datang ke blog kita dan membuatnya membaca apa yang kita promosikan.

5. Mendapatkan Relasi Baru

Manusia adalah mahkluk sosial yang mana manusia selalu membutuhkan orang lain. Dengan membuat blog tentang topik yang kita minati, maka pengunjung yang memiliki minat yang sama dengan kita, akan memberikan respon atas posting yang telah kita buat. Mereka bisa mengomentari post di blog kita atau membalasnya. Dari situ maka terjadilah conversation dan terciptalah relasi baru dengan orang lain.

6. Mendapatkan Penghasilan

Kebutuhan uang saat ini menjadi sangat penting. Itu dikarenakan uang digunakan sebagai alat pengganti untuk ditukarkan dengan kebutuhan kita sehari-hari. Blog bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan. Ada 2 cara untuk mendapatkannya:

Direct Income adalah blog yang kita buat memang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan. Caranya  update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog kita, lalu lakukan monetisasi. Kita bisa menjual menjual spot banner Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog kita dan lain-lain.

Indirect Income adalah Blog yang digunakan dengan tujuan sebagai media promosi bisnis kita dan diri kita. Visitor datang berkunjung ke blog kita,tertarik dengan diri kita dan portofolio kita, dan mereka mengontak kita untuk melakukan bisnis.

7. Emotion Release

Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. blog bisa memfasilitasi hal tersebut dan bisa kita jadikan tempat untuk mengeluarkan emosi agar beban stress kita menjadi berkurang.

8. Media Sharing

Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang kita ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, atau presentasi. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi kita.

9. Jurnal Catatan Kehidupan

Manusia adalah mahkluk yang unik karena mereka selalu ingin menceritakan apa yang terjadi dengan mereka dan apa yang mereka rasakan. Blog memilikki ruang yang disebut konten yang mana disana kita bisa menulis atau memposting apa yang kita inginkan. Jadi, dengan blog, kita bisa mencurahkan apa yang kita rasakan dan apa yang telah terjadi pada kehidupan kita.

10. Mendapatkan Feedback

Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang kita tulis.

11. Public Relation Yang Lebih Humanis

Public Relation  adalah menjalin relasi dengan masyarakat. Blog memilki ciri personal point of view yang mana hal tersebut bisa menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s