KARAKTERISTIK LINUX


A. Perbedaan mendasar Linux

Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah harga, Linux ini gratis. Berarti dapat diperbanyak, dan didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi banyak isu lainnya dengan bersifat free, selain dari pertimbangan harga. Source code Linux tersedia bagi setiap orang. Perkembangan Linux menunjukkan pentingnya peranan kebebasan ini. Hal ini telah menghasilkan suatu tingkat keterlibatan yang menakjubkan dari ribuan atau bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal, atau menandatangani non descructive agreement. Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi mahasiswa ilmu komputer di seluruh dunia untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Karena Linux itu tersedia secara bebas di Internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai berbagai versi kemasan Linux. paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, perangkat lunak untuk instalasi, dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus.

B. Perbandingan Linux terhadap sistem operasi lainnya

Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX, yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding Unix lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan, yaitu tidak bersifat free. MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux, yaitu file sistem yang bersifat hirarkis. Tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86, dan tidak mendukung multi-user dan multi-tasking, serta tak bersifat free. Juga MS-DOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang, dan program utilitas yang ada dalam Linux. Microsoft Windows menawarkan beberapa kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking, tetapi tetap memiliki kekurangan yang telah ada pada MS-DOS.

Windows NT yang juga tersedia untuk Digital Alpha dan juga prosesor x86 juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS. Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar.

Sistem operasi Apple untuk Macintosh hanya dapat berjalan di sistem Mac. Juga memiliki kekurangan dari sisi ketersediaan perangkat bantu pengembang (development tool), dan juga kurang dapat secara mudah untuk berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya. Apple juga telah memungkinkan Linux dapat dijalankan pada PowerMac.

Keunggulan Linux

  • Open source

Linux memberi kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal dan atau merubahnya sesuai keperluan tanpa terkena sanksi property right dibawah lisensi GNU.

  • Freeware

Linux memungkinkan seorang secara pribadi, beberapa orang, maupun instansi untuk memakai atau menyebarluaskan tanpa dituntut royalty oleh penciptanya.

  • Minimal hardware

Prosesor intel 386 DX, dengan RAM minimal 8 MB, serta kapasitas harddisk minimal 85 MB. Linux juga dapat dijalankan dengan satu atau dua disket saja.

  • Skalabilitas

Linux bisa berjalan di mesin sekecil 3Com palm pilot, digital itsy dan mesin sebesar Beowulf Clutser. Linux juga mendukung multiprocessors hingga 16 buah.

  • Stabilitas

Umur hidup yang berkelanjutan hingga ratusan hari atau lebih.

  • Shared libraries

Shared libraries di linux mencantumkan versi pada nama file-nya, sehingga memungkinkan untuk menginstal versi barunya tanpa merusak keterkaitan program lain.

  • Non.fragmentasi

Linux memakai sistem ext2fs yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis.

  • Kebal virus

Hal ini dikarenakan linux adalah sistem operasi terbuka, sehingga membuat rasa kebersamaan yang ditimbulkan membuat linux adalah milik setiap orang. Linux juga mendukung file permissions.

  • Bugfix

Masalah keamanan, biasanya di umumkan setelah beberapa jam ditemukan.

  • TCP/IP

Linux memiliki native protocol TCP/IP Sehingga dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih murah.

  • Fasilitas jaringan yang memungkinkan untuk berbagi CPU.
  • Sistem operasi yang mudah untuk diupgrade.
  • Mendukung banyak prosesor sebagai standar.
  • Sistem GUI (window) yang disebut X ekivalen dengan Windows.
  • Multi-Tasking

memungkinkan untuk menjalankan lebih dari satu program pada waktu yang sama.

Kelemahan linux

  • Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan windows sehingga perlu waktu dan tenaga extra untuk belajar menggunakannya.
  • Penggunaan WYSYWYG (What you see is what you get) belum bisa secara menyeluruh,sehingga diperlukan trik tersendiri untuk menggunakannya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s