ATHENAEUM LIGHT 8.5


Athenaeum light 8.5 merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh komunitas atheneum light indonesia (KALI) dan memiliki forum diskusi di toolib. Aplikasi ini dibangun dari aplikasi database filemaker, dikemas dalam bentuk free script atau opensource dan disajikan dalam bentuk portable. Athenaeum light 8.5 ini dikembangkan dari athenaeum light 6 yang merupakan bagian dari aplikasi athenaeum 6 pro yang dibuat oleh sumware consulting NZ dari perusahaan aplikasi di New Zeland. Sumware Consulting telah berdiri sejak tahun 1992 bersamaan dengan peluncuran produk pertama untuk solusi perpustakaan yang bernama “That Book is SumWare”. Mereka mengkhususkan diri pada pengembangan dan training database, dengan fokus secara ekslusif pada produk Filemaker untuk Windows dan Macintosh.

Kata “athenaeum” berasal dari bahasa yunani yang berarti perpustakaan atau reading room. Fasilitas yang ada pada athenaeum adalah manajemen database, menu peminjaman, menu pengembalian, menu laporan, label barcode, statistik dan stock opname.

Aplikasi ini merupakan versi Beta (permulaan), kemudian disebut dengan Athenaeum Light 8.5 v.1, dengan menu-menu fitur yang hampir sama dengan versi sebelumnya. Perubahan yang paling terlihat dari versi 8.5 adalah:

  1. program ini mampu menampung data hingga 8 terabyte (setara dengan 8000 GB)
  2. adanya tambahan menu weblive yang memungkinkan pengguna bisa merujuk ke situs yang telah dipilih pustakawan untuk mencari data yang tidak ditemukan dalam database.
  3. Athenaeum Light 8.5 juga bisa dimodifikasi dengan Filemaker 7 atau 8 bahkan 8.5 (commercial).
  4. mampu menunjang kegiatan sirkulasi perpustakaan, yaitu peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan.
  5. aplikasi ini mampu dijalankan di dalam komputer dengan spesifikasi minim, yaitu Processor Intel Pentium II, RAM 64 MB, OS Windows / 95 / 98 / ME / 2000 / XP, dan harddisk minimum 5 GB.
  6. menunjang kegiatan pelaporan dan pembuatan formulir-formulir perpustakaan (label, barcode, surat denda, dan sebagainya).
  7. mampu menunjang dalam kelestarian data karena software ini dapat dibackup dengan mudah.
  8. aplikasi ini menggunakan bagan klasifikasi yang tidak kompleks karena memakai DDC 21 versi bahasa Indonesia sehingga tidak mempersulit pengguna dalam menelusuri dokumen.

Kelebihan Athenaeum light 8.5 :

  1. Athenaeum light 8.5 mampu menampung data hingga 8 terabyte
  2. Ada menu website.
  3. Lebih tahan terhadap gangguan seperti listrik mati atau data scrash.
  4. Lebih mudah ditampilkan dalam web dengan filemaker API dan PHP.
  5. Bisa bekerja optimal pada OS windows XP SP 2 atau 2000 SP4.

Kelemahan Athenaeum light 8.5:

  1. keamanan datanya rendah (low security) karena aplikasi ini bersifat portable.
  2. klasifikasi dokumen masih sederhana (menggunakan edisi ringkas DDC 21) sehingga perpustakaan akan mengalami masalah apabila jumlah subyek dan koleksi bertambah banyak dan semakin kompleks.

Cara menjalankan Athenaeum light 8.5
Apliaksi ini direkomendasikan untuk berjalan pada OS Windows XP sp2,  Windows 2000 sp4 atau Vista.

  1. Download Athenaeum light 8.5 dan manual
  2. Setelah download file dalam format zip silahkan EXTRACT [klik kanan extract here] Lalu double klik ” Athenaeum Light ” exe atau application.
  3. masukkan password : user [untuk OPAC}
    password : merdeka [untuk Admin]
    user name : dikosongi

referensi:

Dewitono. Download Athenaeum light 8.5. http://kali-indonesia.blogspot.com/2008/03/download-athenaeum-light-85.html

Winda Hanifa. Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Athenaeum Light 8.5 ?. http://windakutubuku.blogdetik.com/2011/11/08/athenaeum/

Leave a comment